Rabu, 07 November 2012

7 Bangunan Mesjid Yang Unik di Indonesia



Mesjid Muhammad Cheng Ho

Mesjid Muhammad Cheng Ho berada di Jalan Gading, Kota Surabaya. Mesjid ini tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai salah satu mesjid terunik. Bangunan mesjid ini tidak berbentuk seperti mesjid pada umumnya karena dibuat dengan arsitektur khas Tiongkok. Bentuk bangunan ini mirip Mesjid Niu Jie di Beijing yang berusia lebih dari 100 tahun.

Mesjid An Nurumi

Mesjid An Nurumi merupakan mesjid kecil di tepi jalan Jogja-Solo dengan arsitektur cukup unik. Kubah atapnya mirip bangunan di Moscow, Russia. Kubahnya berbentuk aneh dan berwarna-warni. Mesjid ini dikenal juga dengan nama Mesjid Kremlin. Ada juga yang menjuluki Mesjid Permen, sebab kubahnya warna-warni mirip permen lolipop.

Mesjid Menara Kudus

Mesjid Menara Kudus disebut juga sebagai mesjid Al Aqsa dan Mesjid Al Manar adalah mesjid yang dibangun oleh Sunan Kudus. Keunikan dari bangunan mesjid ini adalah menara berbentuk candi bercorak Hindu Majapahit. Bentuk arsitekturalnya yang sangat khas untuk sebuah menara mesjid itulah yang menjadikannya begitu mempesona. Keunikan lainnya, mesjid ini dibangun dengan menggunakan batu dari Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Mesjid ini terletak di kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Mesjid bawah tanah Tamansari

Mesjid Taman sari terletak di bawah tanah kompleks Taman Sari Jogjakarta. Masjid Tamansari dibangun pada paruh pertama abad lalu. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik. Masjid bawah tanah ini terdiri atas dua lantai berbentuk bulat dengan rongga- rongga jendela di bagian luarnya. Lantai bawah dipakai untuk jamaah wanita, lantai atas untuk jamaah pria. Tangga dari lantai bawah menuju ke lantai atas terletak di tengah-tengah lingkaran. Selain itu terdapat sebuah kolam kecil berbentuk bulat di tengah masjid serta tangga yang melintang di atasnya.

Mesjid Pintu Seribu

Masjid Nurul Yakin atau lebih dikenal dengan sebutan masjid Sewu (seribu) ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan mesjid lainnya karena mesjid ini memiliki seribu pintu. Mesjid yang terletak di Kp.Bayur Tangerang ini menjadi salah satu tempat paling menarik bagi wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal tapi wisatawan asing.

Masjid Perahu

Mesjid ini terletak di sebuah gang kecil yang diapit oleh Apartemen Casablanca, Jakarta. Aslinya bernama Al Munada Darrusalam, kini Mesjid ini lebih dikenal sebagai masjid perahu. Hal ini karena di samping masjid itu terdapat bangunan beton yang menggambarkan sebuah perahu raksasa. Bangunan berbentuk perahu tersebut difungsikan sebagai tempat wudhu untuk kaum muslimat, sementara untuk kaum muslimin berada pada sisi yang berbeda. Suatu keunikan yang tak dimiliki oleh masjid-masjid lainnya.

Masjid Cipari

Masjid Cipari atau A-Syuro, adalah salah satu mesjid tertua di Garut, Jawa Barat. Struktur bangunan mesjid ini unik karena mirip bangunan gereja dengan bentuk memanjang dan pintu utama terletak persis ditengah-tengah bagian muka bangunan. Selain itu juga keberadaan menaranya yang terletak di ujung bangunan persis diatas pintu utama. Mesjid Cipari ini juga memiliki sejarah perjuangan, karena dahulu digunakan sebagai basis perjuangan rakyat dan tentara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar