Kamis, 20 Agustus 2015

7 Hal yang Harus Dihindari Saat Memilih Baju Anak

Jika tiba saatnya membeli baju anak maka pastinya ada beragam pertimbangan yang harus kita pikirkan. Seringkali para orang tua hanya mengutamakan faktor-faktor yang seharusnya tidak menjadi pemikiran utama seperti warna, desain dan detail. Seharusnya, pertimbangan utama kita adalah pada segi kenyamanan dan juga keamanan. Baru setelah itu kita bisa menentukan dan memilah-milah desain, ukuran serta material yang digunakan. 

Untuk memastikan bahwa si kecil selalu aman dan nyaman saat memakai baju anak yang kita pilih maka berikut ini adala 7 larangan yang harus kita perhatikan:

Hindari memilih bahan yang tidak tepat

Bahan baju anak yang sebaiknya tidak kita jadikan pilihan adalah baju yang terbuat dari polyester ataupun nilon. Kedua bahan ini termasuk ke dalam daftar larangan karena merupakan jenis bahan yang tidak menyerap keringat. Keringat yang tidak bisa terserap sempurna akan mengakibatkan pori-pori kulit anak menjadi tersumbat sehingga akan memicu terjadinya  biang keringat. Oleh karena itulah akan lebih baik jika kita memilih baju dari bahan katun yang mudah menyerap keringat.

Memilih Baju Anak Perempuan


Hindari memilih baju yang terlalu ketat

Seringkali terjadi, kita para orang tua nekat  memilih baju yang terlalu ketat atau lebih kecil dari ukuran anak karena terlanjur tertarik dengan desain bajunya. Faktanya, model baju yang terlalu ketat terutama di bagian perut, lengan, ketiak, leher dan selangkangan akan meningkatkan resiko terjadinya iritasi akibat gesekan dan luka pada kulit. Anak juga akan menjadi lebih sulit untuk bergerak.

Pilih baju dengan desain kancing yang mudah dikenakan dan dilepas

Seringkali kita terlanjur jatuh hati pada model baju tertentu sehingga tetap membeli tanpa memperhitungkan faktor kenyamanan anak. Baju yang melewati kepala misalnya, jika terlalu sempit atau sulit untuk dilepas maka akan membuat anak kesulitan untuk memakainya bahkan bisa meningkatkan resiko terluka. Oleh karena itu ada baiknya jika kita memilih baju dengan aksen kancing baju di bagian depan.

Hindari baju dengan kerah yang tebal dan kaku

Baju dengan jenis kerah yang kaku dan tebal sangat tidak sesuai dengan kondisi di iklim tropis. Baju model ini justru akan memicu terjadinya biang keringat.

Hindari baju dengan aksen penuh kerutan di bagian dada

Kerutan di bagian dada atau yang lazimnya disebut smock mungkin memang akan membuat si kecil terlihat semakin menggemaskan. Meski demikian, model baju seperti ini akan membuat anak mudah merasa sesak napas. Jika memang memilih baju model ini maka kita harus memastikan kerutan yang ada tidak terlalu sempit saat dikenakan dan masih longgar di bagian dada.

Hindari pemilihan baju dengan aksen karet elastis yang terlalu ketat

Jika memungkinkan, hindarilah pemilihan baju anak dengan aksen karet elastis yang terlalu ketat di bagian lengan, pinggang, paha dan pergelangan tangan karena bisa menimbulkan bekas di bagian kulit serta mengganggu kelancaran aliran darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar